Rabu, 22 Juni 2011

Marketing Plan Outline

Marketing Plan Outline
I. Ringkasan Eksekutif
Ringkasan tingkat tinggi dari rencana pemasaran.

II. Tantangan
Gambaran singkat mengenai produk yang akan dipasarkan dan terkait tujuan, seperti angka penjualan dan tujuan strategis.

III. Analisis Situasi
Analisis Perusahaan
• Tujuan
• Fokus
• Budaya
• Kekuatan
• Kelemahan
• Pangsa pasar

Analisis Pelanggan
• Jumlah
• Jenis
• Nilai driver
• Proses Keputusan
• Konsentrasi basis pelanggan untuk produk tertentu

Analisis Pesaing
• Posisi Pasar
• Kekuatan
• Kelemahan
• Pasar saham
Kolaborator
• Anak perusahaan, usaha patungan, dan distributor, dll
Iklim

Lingkungan makro analisis PEST:
• politik dan lingkungan hukum
• Ekonomi Lingkungan
• Sosial budaya dan lingkungan
• Teknologi Lingkungan

Analisis SWOT
Analisis SWOT lingkungan bisnis dapat dilakukan dengan mengatur faktor lingkungan sebagai berikut:
atribut ini perusahaan • internal dapat digolongkan sebagai kekuatan dan kelemahan.
• Lingkungan eksternal menyajikan peluang dan ancaman.

IV. Segmentasi Pasar
Menyajikan deskripsi dari segmentasi pasar sebagai berikut:
• Deskripsi
• Persentase penjualan
• Apa yang mereka inginkan
• Bagaimana mereka menggunakan produk
• Dukungan Persyaratan
• Bagaimana untuk menjangkau mereka
• Harga sensitivitas

 
V. Strategi Pemasaran Alternatif
Daftar dan mendiskusikan alternatif yang dipertimbangkan sebelum tiba di strategi yang direkomendasikan. Alternatif mungkin termasuk menghentikan produk, re-branding, positioning sebagai produk premium atau nilai, dll

VI. Dipilih Strategi Pemasaran
Diskusikan mengapa strategi dipilih, maka keputusan bauran pemasaran (4 P) dari produk, harga, tempat (distribusi), dan promosi.
Produk
Keputusan produk harus mempertimbangkan keunggulan produk dan bagaimana mereka akan leverage. Produk keputusan harus mencakup:
• Nama Merek
• Kualitas
• Lingkup lini produk
• Jaminan
• Kemasan

Harga
Diskusikan strategi penetapan harga, volume yang diharapkan, dan keputusan untuk variabel-variabel harga sebagai berikut:
• Daftar Harga
• Diskon
• Bundling
• Pembayaran istilah dan pilihan pembiayaan
• Leasing pilihan

Distribusi (Place)
Keputusan variabel meliputi:
• Distribusi saluran, seperti langsung, ritel, distributor & intermediet
• Memotivasi saluran tersebut - misalnya, margin distributor
• Kriteria untuk mengevaluasi distributor
• Lokasi
• Logistik, termasuk transportasi, pergudangan, dan pemenuhan pesanan
Promosi
• Advertising, termasuk berapa banyak dan media mana.
• Public relations
• Promosi program
• Anggaran; menentukan break-even point untuk setiap pengeluaran tambahan
• Proyeksi hasil program promosi

VII. Pendek & Jangka Panjang Proyeksi
Strategi yang dipilih langsung efek, diharapkan hasil jangka panjang, dan setiap tindakan khusus yang diperlukan untuk mencapainya. Bagian ini mungkin termasuk perkiraan pendapatan dan beban serta hasil analisis impas.

VIII. Kesimpulan
Merangkum semua hal di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar