Contoh Marketing Plan sebuah Perusahaan, disini contoh yang kami ambil sebagai contoh marketing plan adalah perusahaan yang kebanyakan bergerak dalam bidang kegiatan MLM ( Multi Level Marketing) karena, perusahaan yang bergerak dalam bidang tersebut lebih terfokus menjelaskan secara detail bagaimana marketing Plan tersebut dibuat untuk customer ( pelanggan ) contoh yang pertama adalah :
1. Perusahaan Orifflame :
Perusahaan ini didirikan di Swedia pada tahun 1967. Berada di kurang lebih 67 negara. Perusahaan kosmetik pertama di Eropa dengan cara Direct Selling . Perusahaan ini cenderung mayoritas bergerak di kaum perempuan, tapi tidak menutup kemungkinan jika kaum pria ingin ikut bergabung. Karena perusahaan ini tujuan awalnya adalah bertujuan kosmetik untuk wanita muda, pria, dan wanita berumur. Perusahaan ini memiliki marketing plan sebagai berikut :
a. Penggabungan antara Direct Selling dengan Multi Level marketing. Artinya disini, perusahaan orifflame ini menggunakan Metode penjualan barang dan/atau jasa tertentu kepada konsumen dengan cara tatap muka di luar lokasi eceran tetap oleh jaringan pemasaran yang dikembangkan oleh Mitra Usaha dan bekerja berdasarkan komisi penjualan, bonus penjualan dan iuran keanggotaan yang wajar.
Selain itu, perusahaan ini menerapkan system MLM Multi Level Marketing (Pemasaran Multi Tingkat), maksudnya adalah :
Metode pemasaran barang dan/atau jasa dari sistem Penjualan Langsung melalui program pemasaran berbentuk lebih dari satu tingkat, dimana mitra usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan dari hasil penjualan barang dan/atau jasa yang dilakukannya sendiri dan anggota jaringan di dalam kelompoknya.
b. Sistem yang mudah di duplikasi ;
Agar lebih mengetahui bagaimana system perusahaan orifflame diterapkan. Kami mewawancarai salah satu anggota yang menjalankan bisnis tersebut.
Narasumber : Hanni Annisa ( level 3 )
ket: hanni ( kanan )
Dalam wawancara yang dilakukan pada tanggal 11 Juni 2011 yang lalu. Saudari hanni menjelaskan system apa yang ia terapkan dalam menjalankan usahanya.
Ia menjelaskan bahwa bisnis ini ia lakukan dengan komisi 30% dari perusahaan tersebut jika dia menjual produk. Tetapi dipotong dari perusahaan tersebut 3 % jadi bersihnya 27%. Ketika dia menjual produk, maka dia mendapatkan bonus point. Yang nantinya bisa ditukar dengan reward. Jadi,jelas dalam bisnis ini menerapkan bagaimana proses direct selling dan MLM berlangsung.
Untuk lebih jelas buka link : www.oriflame.co.id
Contoh perusahaan tersebut berikutnya adalah perusahaan tianshi :
Marketing Plan Tianshi dibuat oleh Michael L. Sheffield, seorang yang ahli di bidang perancangan sistem network marketing dari USA yang sekarang menjabat sebagai Chairman (Ketua) Multi Level Marketing International Association (MLMIA).
Setiap distributor mempunyai peringkat / tahapan karier yang disebut Bintang ( ), mulai 1 sampai 8. Sebelum penjelasan detailnya, kami informasikan terlebih dahulu kelebihan dari marketing plan TIANSHI dibandingkan dengan sistem MLM lainnya.
A. MENGAPA MARKETING PLAN TIANSHI LEBIH UNGGUL?
1. Sistem yang mendukung distributor pemula Member/distributor baru ( 1 s.d 4) yang baru mulai menapaki bisnis Tianshi ini, tidak dibebankan tanggung jawab belanja dalam jumlah tertentu setiap bulan.
2. Diberikan bonus langsung setiap men-sponsori member baru (lihat: Tabel Bonus Langsung dibawah).
3. Peringkat Berdasarkan Akumulasi Omzet (tanpa batas waktu) Peringkat distributor ditentukan dengan Akumulasi Omzet Group sejak bergabung, bukan berdasarkan Omzet bulan berjalan sehingga tidak ada batasan waktu untuk mencapainya.
4. Tidak Ada Turun Peringkat Peringkat distributor tidak akan pernah turun walau omzet bulan berjalan menurun, sekali lagi peringkat hanya diukur oleh total akumulasi omzet, bukan omzet bulan berjalan.
5. Pendaftaran Berlaku Seumur Hidup dan Dapat Diwariskan Biaya pendaftaran untuk bergabung mulai peringkat 1 dan seterusnya di Tianshi cukup sekali. Berlaku internasional & seumur hidup, tidak perlu lagi registrasi ulang setiap tahunnya. Bahkan bisa diwariskan kepada keluarga.
Untuk informasi lebih lanjut silahkan buka link sebagai berikut : http://tianshi-indo09.blogspot.com/2009/11/marketing-plan-tianshi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar